MATERI METODE PENELITIAN KUANTITATIF
KONSEP DAN VARIABEL
o KONSEP adalah abstraksi yang dibuat dengan menggeneralisasikan hal-hal yang bersifat khusus
jadi konsep itu
o Bersifat abstrak, tetapi menunjuk pada obyek, kejadian, peristiwa, atribut atau proses tertentu yang konkret.
o Contoh: prestasi akademik adalah abstraksi dari kemampuan belajar mahasiswa dalam: mengerjakan soal ujian, membuat makalah, diskusi dan sebagainya. Bobot adalah konsep yang menyatakan abstraksi dari suatu benda yang mempunyai berat atau ringan
o Konsep memiliki tingkat abstraksi yang variatif, bergantung mudah atau tidaknya fenomena yang diabstraksikan dapat diidentifikasi
o Gedung, kursi, kendaraan, rumah adalah contoh konsep-konsep yang mudah diidentifikasi karena mempunyai wujud fisik yang mudah diamati.
o Tetapi pemahaman keagamaan, keimanan, ketaqwaan, kesholihan, kejujuran adalah contoh konsep yang lebih abstrak dan lebih sulit dibayangkan dibanding contoh di atas
o Konsep yang lebih abstrak dan sulit dicarikan rujukan wujud fisiknya itulah yang disebut dengan KONSTRUK
o KONSTRUK selain merupakan konsep yang lebih abstrak, juga mempunyai makna tambahan yang sengaja diadopsi untuk kepentingan penelitian
Lalu apa pula variabel itu….?
o Konsep atau konstruk yang menampilkan variasi nilai pada obyek yang dirujuknya disebut VARIABEL
o Contoh: sikap (memiliki variasi nilai positif dan negatif, setuju, tidak setuju, netral), motivasi belajar (variasi nilainya tinggi, sedang, kurang), pemahaman (variasinya sangat paham, kurang paham, tidak paham), IP (sangat memuaskan, memuaskan, cukup, dll)
Relasi konsep dan variabel adalah
o Konsep adalah abstraksi dari fenomena kehidupan nyata yang diamati
o Variabel memberikan gambaran yang lebih nyata mengenai fenomena yang digeneralisasikan dalam konsep
Definisi operasional dan indikator variabel
o Oleh karena variabel itu merupakan mediator antara konsep dengan fenomena empirik, maka ia memiliki suatu penghubung yang menunjukkan obyek mana yang dapat dimasukkan ke dalam konsep yang dimaksud
o Konsep “mahasiswa” misalnya, siapa saja yang dapat digolongkan ke dalam konsep ini ? Maka dibutuhkan suatu petunjuk untuk bisa menjawab hal ini
Caranya….?
o Pertama : dengan membuat penjelasan bahwa “mahasiswa adalah orang yang terdaftar untuk mengikuti perkuliahan di suatu perguruan tinggi”
o Kedua : tentukan petunjuk yang dipakai misalnya adalah KTM yang masih berlaku, karena dengan KTM dapat diketahui siapa yang dimaksud dengan konsep “mahasiswa”
o Cara pertama tadi disebut DEFINISI OPERASIONAL yaitu menjelaskan cara tertentu yang digunakan oleh peneliti dalam mengoperasionalisasikan variabel agar dapat diamati dan diukur
o Sedangkan menggunakan KTM sebagai petunjuk untuk mengetahui mahasiswa atau bukan, disebut INDIKATOR VARIABEL
Tipe variabel penelitian
1. Dilihat dari FUNGSINYA variabel dibedakan menjadi VARIABEL BEBAS dan VARIABEL TERIKAT
o Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi variabel yang lain
o Variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas
Contoh variabel bebas dan terikat
o Jika pemberian motivasi kepada karyawan menjadikan prestasi belajar meningkat, maka MOTIVASI sebagai variabel bebas dan PRESTASI BELAJAR jadi variabel terikat
o Pada umumnya variabel bebas dilambangkan dengan huruf X dan variabel terikat dengan Y (X à Y)
2. Dilihat dari SKALA NILAI
o Ada variabel KONTINU dan variabel KATEGORIS
o Variabel kontinu adalah variabel yang memiliki kumpulan nilai yang teratur dalam kisaran tertentu. Contoh sikap yang diukur dengan setuju, tidak setuju, kurang setuju dan seterusnya
o Variabel kategoris adalah variabel yang memiliki nilai dalam skala nominal. Contoh: jenis kelamin (pria-wanita), agama, pendidikan, warganegara, dan sebagainya
3.Dilihat dari perlakuan terhadap variable
o Terbagi menjadi VARIABEL AKTIF dan VARIABEL ATRIBUT
o Variabel Aktif adalah variabel yang dimanipulasi untuk kepentingan penelitian eksperimen
o Variabel Atribut adalah variabel yang tidak dapat dimanipulasi. Misal, jenis kelamin, intelegensi, agama
o KONSEP adalah abstraksi yang dibuat dengan menggeneralisasikan hal-hal yang bersifat khusus
jadi konsep itu
o Bersifat abstrak, tetapi menunjuk pada obyek, kejadian, peristiwa, atribut atau proses tertentu yang konkret.
o Contoh: prestasi akademik adalah abstraksi dari kemampuan belajar mahasiswa dalam: mengerjakan soal ujian, membuat makalah, diskusi dan sebagainya. Bobot adalah konsep yang menyatakan abstraksi dari suatu benda yang mempunyai berat atau ringan
o Konsep memiliki tingkat abstraksi yang variatif, bergantung mudah atau tidaknya fenomena yang diabstraksikan dapat diidentifikasi
o Gedung, kursi, kendaraan, rumah adalah contoh konsep-konsep yang mudah diidentifikasi karena mempunyai wujud fisik yang mudah diamati.
o Tetapi pemahaman keagamaan, keimanan, ketaqwaan, kesholihan, kejujuran adalah contoh konsep yang lebih abstrak dan lebih sulit dibayangkan dibanding contoh di atas
o Konsep yang lebih abstrak dan sulit dicarikan rujukan wujud fisiknya itulah yang disebut dengan KONSTRUK
o KONSTRUK selain merupakan konsep yang lebih abstrak, juga mempunyai makna tambahan yang sengaja diadopsi untuk kepentingan penelitian
Lalu apa pula variabel itu….?
o Konsep atau konstruk yang menampilkan variasi nilai pada obyek yang dirujuknya disebut VARIABEL
o Contoh: sikap (memiliki variasi nilai positif dan negatif, setuju, tidak setuju, netral), motivasi belajar (variasi nilainya tinggi, sedang, kurang), pemahaman (variasinya sangat paham, kurang paham, tidak paham), IP (sangat memuaskan, memuaskan, cukup, dll)
Relasi konsep dan variabel adalah
o Konsep adalah abstraksi dari fenomena kehidupan nyata yang diamati
o Variabel memberikan gambaran yang lebih nyata mengenai fenomena yang digeneralisasikan dalam konsep
Definisi operasional dan indikator variabel
o Oleh karena variabel itu merupakan mediator antara konsep dengan fenomena empirik, maka ia memiliki suatu penghubung yang menunjukkan obyek mana yang dapat dimasukkan ke dalam konsep yang dimaksud
o Konsep “mahasiswa” misalnya, siapa saja yang dapat digolongkan ke dalam konsep ini ? Maka dibutuhkan suatu petunjuk untuk bisa menjawab hal ini
Caranya….?
o Pertama : dengan membuat penjelasan bahwa “mahasiswa adalah orang yang terdaftar untuk mengikuti perkuliahan di suatu perguruan tinggi”
o Kedua : tentukan petunjuk yang dipakai misalnya adalah KTM yang masih berlaku, karena dengan KTM dapat diketahui siapa yang dimaksud dengan konsep “mahasiswa”
o Cara pertama tadi disebut DEFINISI OPERASIONAL yaitu menjelaskan cara tertentu yang digunakan oleh peneliti dalam mengoperasionalisasikan variabel agar dapat diamati dan diukur
o Sedangkan menggunakan KTM sebagai petunjuk untuk mengetahui mahasiswa atau bukan, disebut INDIKATOR VARIABEL
Tipe variabel penelitian
1. Dilihat dari FUNGSINYA variabel dibedakan menjadi VARIABEL BEBAS dan VARIABEL TERIKAT
o Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi variabel yang lain
o Variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas
Contoh variabel bebas dan terikat
o Jika pemberian motivasi kepada karyawan menjadikan prestasi belajar meningkat, maka MOTIVASI sebagai variabel bebas dan PRESTASI BELAJAR jadi variabel terikat
o Pada umumnya variabel bebas dilambangkan dengan huruf X dan variabel terikat dengan Y (X à Y)
2. Dilihat dari SKALA NILAI
o Ada variabel KONTINU dan variabel KATEGORIS
o Variabel kontinu adalah variabel yang memiliki kumpulan nilai yang teratur dalam kisaran tertentu. Contoh sikap yang diukur dengan setuju, tidak setuju, kurang setuju dan seterusnya
o Variabel kategoris adalah variabel yang memiliki nilai dalam skala nominal. Contoh: jenis kelamin (pria-wanita), agama, pendidikan, warganegara, dan sebagainya
3.Dilihat dari perlakuan terhadap variable
o Terbagi menjadi VARIABEL AKTIF dan VARIABEL ATRIBUT
o Variabel Aktif adalah variabel yang dimanipulasi untuk kepentingan penelitian eksperimen
o Variabel Atribut adalah variabel yang tidak dapat dimanipulasi. Misal, jenis kelamin, intelegensi, agama
2 komentar:
thanks atas pnjlasanx,...slam knal,>>>Q jg mhsswa iain,..
Did you hear there's a 12 word phrase you can say to your man... that will trigger intense feelings of love and impulsive attractiveness for you buried inside his heart?
Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, please and look after you with his entire heart...
====> 12 Words Who Trigger A Man's Love Impulse
This instinct is so built-in to a man's brain that it will drive him to work harder than ever before to make your relationship the best part of both of your lives.
Matter of fact, fueling this dominant instinct is so essential to achieving the best possible relationship with your man that the second you send your man a "Secret Signal"...
...You'll instantly find him open his mind and heart to you in such a way he's never expressed before and he'll recognize you as the one and only woman in the universe who has ever truly attracted him.
Posting Komentar